Musim hujan bukan menjadi alasan tidak terjadinya kebakaran. Hal ini dikarenakan realita bahwa penyebab kebakaran tidak hanya udara kering dan cuaca panas tetapi juga disebabkan oleh penyebab lainnya. Penyebab tersebut diantaranya kompor, listrik, lampu minyak, dan kelalaian manusia. Untuk menghadapi hal tersebut, para siswa dan guru menyempatkan diri berlatih memadamkan api.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Tujuan dari sesi ini adalah membangun kesiapan mental warga sekolah dalam menghadapi kebakaran. Kegiatan dilaksanakan di SLB Bhakti Pertiwi dengan menggunakan perlengkapan seperti tong api, pasir, kain basah, dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Beberapa bahan tersebut digunakan untuk memadamkan api yang berbeda penyebabnya.

Beberapa anak bergantian berlatih memadamkan api. Yang menarik dari kegiatan ini adalah ada beberapa anak yang justru takut ketika melihat api. Menyaksikan hal yang demikian, trainer ASB, Mas Bangun Sutopo mempraktikkan dengan santai memadamkan api. Melihat contoh yang demikian, anak-anak yang takut tersebut menjadi lebih berani dan mencoba memadamkan api. Tidak hanya siswa putra yang belajar memadamkan api, tetapi juga siswa putri. Hal ini dikarenakan siswa putri terkadang melaksanakan kegiatan memasak di dapur. Pembekalan yang demikian diharapkan dapat membangun kesiapan siswa dan semua warga sekolah menghadapi kebakaran. Alhamdulillah












Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :