Workshop Pembuatan Prosedur Tetap Tanggap Darurat Bencana

Ketika bencana terjadi, perlu ada langkah keselamatan yang telah disepakati oleh semua warga sekolah. Hal ini agar dalam upaya keselamatan agar sistematis dan mudah dalam kontrol maupun evaluasi. Oleh karena itulah perlu adanya prosedur tetap tanggap darurat bencana.

Pada sesi ini, fasilitator memandu para peserta untuk membuat jalur evakusi ketika terjadi bencana. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah lima orang. Kelompok ini membuat gambar denah sekolah kemudian menentukan alur evakuasi. Perwakilan kelompok selanjutnya mempresentasikan jalur evakuasi yang telah disusun. Tiga produk alur evakuasi tersebut selanjutnya didiskusikan kemudian disepakati alur yang paling pas dengan kondisi sekolah. Kemudian dipasanglah tanda jalur evakuasi, titik kumpul, dan peta jalur evakuasi.

Kegiatan yang dilakukan di gedung unit 1 ini dilanjutkan pula kegiatan pelatihan di unit 2 pada hari berikutnya. Hasil dari kegiatan ini selanjutnya dipergunakan untuk pelaksanaan pelatihan bagi siswa, serta pelaksanaan simulasi penyelamatan diri pada saat terjadi bencana di sekolah. Alhamdulillah






Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :