Penarikan Siswa Magang di Batik Marenggo

Bismillah. Alhamdulillah. Kemandirian siswa merupakan tujuan yang di ikhtiarkan oleh sekolah. Dalam rangka memandirikan siswa, SLB Bhakti Pertiwi mengirimkan para siswa magang di dunia usaha/dunia industri. Diantara dunia usaha/dunia industri yang menjadi tempat siswa magang adalah Batik Marenggo Natural Dyes. Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa SMALB kelas X selama enam bulan. Siswa yang mengikuti kegiatan magang batik ini adalah Esko dan Aji. Siswa kelas X SMALB C ini memang memiliki penjurusan keterampilan batik.

Selama kegiatan magang ini, siswa terjun langsung melaksanakan proses dari pengukuran kain, membatik, mewarna, melorod, sampai finishing. Selain itu, para siswa juga belajar bersosialisasi dengan karyawan batik lainnya, serta belajar melayani para tamu yang berkunjung ke workshop. Selama itu, siswa juga mengikuti beberapa kegiatan pameran di luar workshop. 

Kepala SLB Bhakti Pertiwi, Bapak Edy Dwiyanta, senantiasa berkoordinasi dengan Batik Marenggo Natural Dyes atas kemajuan dan kelancaran kegiatan magang para siswa. Ibu Nuri, owner Marenggo Natural Dyes juga aktif melaksanakan pameran bersama pada event-event skala nasional.

Yang menarik dari kegiatan ini, siswa mendapatkan banyak pengalaman bekerja. Setelah lulus sekolah pun dari tempat magang memberikan kesempatan untuk ikut bekerja dan mengembangkan diri di dunia usaha ini. Setelah kegiatan magang selama 6 bulan tercapai, para siswa ditarik kembali untuk melanjutkan kegiatan belajar di sekolah. Sedih, haru, dan berbagai macam perasaan bercampur aduk ketika kegiatan magang ini musti selesai. Para siswa telah merasa menjadi bagian dari keluarga. Pihak dari DU/DI juga telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan berkoordinasi selama kegiatan, menyiapkan sarana dan prasarana, memberikan kesempatan pelatihan, serta menyediakan fasilitas pelatihan.

Adapun beberapa siswa yang masih menjalankan magang antara lain Vena dan Delfina yang magang di Selbebi Laundri, serta beberapa siswa yang magang di Peternakan Ayam Potrojayan.  Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang baik oleh tim pelaksana yang terdiri dari kepala sekolah selaku penanggungjawab, WKS Humas, ketua program keahlian, guru produktif, dan guru tamu/ instruktur SLB Bhakti Pertiwi. Alhamdulillah.

Kepala SLB Bhakti Pertiwi menyampaikan kenang-kenangan




Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :