Melanjutkan rangkaian kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) pada kesempatan sebelumnya, yaitu Workshop Persiapan Penerapan SPAB, pada kesempatan ini dilaksanakan Penilaian Mandiri Awal (Baseline) oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan asesmen tentang kondisi sekolah beserta potensi dampak bencana yang ada di sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang yang terdiri dari guru, siswa, dan komite sekolah. Sebagaimana tertuang dalam petunjuk teknis, bahwa tujuan diselenggarakannya penilaian mandiri awal ini adalah untuk mengidentifikasi bahaya, kerentanan, dan kapasitas di dalam lingkungan dan sekitar sekolah dan madrasah, mengidentifikasi kondisi struktur dan non struktur SPAB, mengidentifikasi kebutuhan seluruh warga sekolah tanpa terkecuali terkait SPAB.

Kegiatan ini dipandu oleh ibu Yuliati, S.Pd. Beliau menayangkan instrumen yang hendak diisi oleh warga sekolah. Instrumen penilaian awal ini sebagaimana tercantum pada petunjuk teknis SPAB halaman 61-68. Setelah instrumen telah diisi oleh warga sekolah, data yang diperoleh dikirim ke ASB dan digunakan untuk acuan kegiatan selanjutnya yaitu Penyusunan Rencana Aksi Pembentukan Tim Siaga Bencana. Alhamdulillah, bersambung...


=======
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :