Diklat Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT (Bagian Pertama)

Pembukaan Kegiatan Diklat
Alhamdulillah, sholawatu wassalamu 'ala rosulillah. 
Kita ketahui bersama bahwa perkembangan Teknologi Informasi (TI) sangat pesat. Kita perjelas dulu definisinya.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). (Wikipedia, 2017)

Dalam konteks pendidikan, khususnya Pendidikan Khusus-Layanan Khusus di SLB, penggunaan media pembelajaran berbasis IT tentu memudahkan dalam kegiatan belajar anak. Oleh karena itu, Kelompok Kerja Guru Kelompok 1 SLB Kabupaten Sleman yang terdiri dari SLB Bhakti Pertiwi, SLB Bhakti Kencana, dan SLB Bhakti Kencana 2 menyelenggarakan kegiatan Diklat Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT.

Sebagaimana disampaikan ketua panitia, Mc. Rini Rewaniyati, M.Pd, kegiatan ini bertujuan agar guru-guru khususnya di SLB Gugus 1 dapat menguasai pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis IT dengan baik sehingga dapat meningkatkan layanan pembelajaran secara optimal. Kegiatan ini dijadwalkan terlaksana selama 5 hari, mulai hari ini, Sabtu, 23 September 2017 sampai dengan Kamis, 28 September 2017. 

Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Dasar, Bapak Purwadi, S.Pd. Pada sesi pertama, dijelaskan landasan teori tentang media pembelajaran yang sesuai untuk ABK berikut manfaatnya bagi diri maupun karir guru. Hal ini disampaikan agar guru meningkat kesadarannya dalam pemanfaatan IT, karena realita di lapangan menunjukkan sekalipun sumberdaya alat sudah tersedia di sekitar guru, namun pemanfaatannya perlu dimaksimalkan. Itulah yang disampaikan pada sesi pertama ini oleh beliau narasumber yaitu Bapak Al Musthofa, M.A.

Oleh karena itu, pada sesi berikutnya, insya Allah disampaikan pembuatan media pembelajaran berbasis IT oleh teman-teman Tim ICT dari Balai Tekkomdik DIY. Apa dan bagaimana yang akan dikreasikan dalam kegiatan ini? Kita sambung pada tulisan berikutnya.

Bersambung

(agz)


Para Peserta





Laporan Panitia





Pembacaan Doa

Kanan ke kiri: Kasi PLB Dikdas (H Purwadi, S.Pd), Ka SLB Bhakti Pertiwi (Drs Edy Dwiyanta), Ka SLB Bhakti Kencana 2 (Any Prasasti, S.Pd)


Narasumber, Drs. Al Musthofa, M.A.







Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :