Nonton Bareng Film G30SPKI

Nama PKI menjadi trending topik setiap bulan September, begitu juga tahun ini. Namun ini bukan tentang cerita indah, tetapi tragedi yang merenggut nyawa para pimpinan militer NKRI yang dikenal sebagai pahlawan revolusi. Untuk mengingat, mengenang, dan mengangkat kesadaran akan peristiwa itu, SLB Bhakti Pertiwi mengadakan kegiatan bobar, 'nonton bareng', film Gerakan 30 September PKI. Peserta nobar ini adalah para siswa dan guru. Dalam hal teknis nobar, film yang asli berdurasi sekitar 3 jam dikemas dan dilakukan penyesuaian sehingga adegan yang sekiranya belum siap disaksikan oleh anak tidak disertakan.

Tujuan singkat yang hendak dicapai melalui kegiatan ini bagi anak-anak adalah agar waspada terhadap lambang-lambang partai tersebut yang kini diselipkan dalam setiap tempat dan kesempatan. Mereka dihimbau untuk tidak menerima pemberian apapun yang mengandung unsur lambang tersebut, baik melalui baju, kaos, stiker, atau barang-barang lainnya. Hal ini dikarenakan perluasan ideologi partai yang tak kentara di tengah-tengah kehidupan bernegara. Bagi guru, tujuan dari kegiatan ini adalah mengingatkan kembali akan peristiwa masa itu, sehingga dapat mendoakan para pahlawan, serta meningkatkan kewaspadaan bersama.

Peristiwa ini mengukirkan sejarah yang pilu yang dialami oleh para pejuang baik militer maupun sipil, khususnya warga Nahdliyyin. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan para anak dan cucu, yang memang tidak mengalami secara langsung apa yang di alami oleh kakek dan orangtua dulu, mereka dapat ikut merasakan dan mewarisi 'rasa' keprihatinan yang membekas di jiwa. Hal ini barangkali jika tidak diingatkan, para anak dan cucu bisa lupa akan hal itu, mengingat berbagai upaya distorsi sejarah melalui media-media kian marak, apalagi hoaks-hoaks yang laris manis bak kolak pisang di musim takjil. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala mengampuni para pahlawan-pahlawan yang gugur membela bangsa Indonesia, dan kita semua warga Indonesia yang cinta tanah air ini diberikan perlindungan dimana saja. Aamiin.

(agz)

Suasana nobar


Para Siswa nonton bareng film G30SPKI di Aula

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :