Diklat Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT (Bagian Ketiga)

Setelah peserta belajar pengolahan video kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat smartphone dengan aplikasi videoshow, maka pada kesempatan ini peserta melanjutkan kegiatan. Adapun kegiatan kali ini adalah memasukkan video yang telah final kedalam program power point. Sebagaimana artikel tentang power point pada kesempatan yang dulu, kali ini peserta mendesain power poin dengan ketentuan yang terbaru.

Ketentuan power point yang benar sesuai yang disampaikan narasumber ada 4 poin:
1. Hindari banyak teks, teks yang panjang apalagi memenuhi muka slide akan berpotensi membuat audience bingung, oleh karena itu disarankan membuat kalimat utama saja sebagai poin.
2. Hindari banyak warna/ norak. Warna yang berhamburan membuat kesan ramai dan kurang elegan. Solusinya gunakan warna dominan beberapa saja.
3. Hindari penggunaan template bawaan. Template bawaan membuat kesan pembuat slide kurang kreatif. Solusinya, gunakan desain template buatan sendiri atau gunakan foto sebagai background slide.
4. Berikan ruang bebas. Ruang yang bebas membuat kesan lega dan tidak sumpek.

Manfaat dari sesi ini adalah, peserta dapat membuat presentasi yang menarik dan tidak menjemukan. Narasumber menyampaikan bahwa diklat berbayar yang serupa dengan kegiatan ini menghabiskan biaya 5 juta rupiah. Namun kali ini, peserta diajak belajar membuat slide yang menarik dan elegan. Alhamdulillah.






Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :