Header

Pembukaan Perwimanas II Oleh Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi kegiatan Perwimanas II di Lapangan Tembak AKMIL Magelang, Senin (18/9/2017). Rombongan presiden hadir ke arena upacara dengan didampingi oleh menteri agama, Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Pangdam dan Kapolda. Di arena upacara, sebanyak 7.000 peserta telah bersiap di barisan masing-masing menanti dimulainya upacara. Kepada presiden, panitia menyampaikan bahwa diantara program Perwimanas II ini adalah penanaman 18.000 pohon, pembagian sembako, bedah rumah, perbaikan jalan, lomba seni dan budaya, serta wisata religi. Dengan dipimpin oleh pemimpin upacara, Sholihin dari pangkalan PC Ma'arif NU Kabupaten Magelang, upacara dimulai dengan khidmat. Sebanyak 26 komandan kompi dengan apik mengatur barisan peserta upacara. Untuk menguatkan kesetiaan terhadap NKRI, dibacakanlah ikrar kesetiaan NKRI oleh Arum Wulandari dari SMA IT Ma'arif Kota Magelang. Para peserta upacara pun turut mengangkat tongkat pramuka yang disimpul membentuk tulisan "MAARIF NU SETIA NKRI". 


Pada pembukaan ini presiden menyampaikan kepada warga negara Indonesia untuk menyebarkan kebaikan melalui media sosial. Hal ini diperlukan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ditengah gencarnya tantangan global seperti narkoba. Selain sambutan yang disampaikan presiden, Ketua PBNU, Said Aqil Siroj menyampaikan untuk selalu meningkatkan nasionalisme dan cinta tanah air. Hal ini sebagaimana selalu didengungkan dalam syair lagu Syubbanul Wathan. Bahwa cinta tanah air adalah bagian hidup orang-orang yang telah menyatakan diri beriman kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Hal ini perlu untuk selalu ditingkatkan mengingat tengah maraknya krisis kebangsaan seperti halnya saudara-saudara muslim di Rohingnya. Upacara berlangsung khidmat dengan alunan paduan suara para siswa SMK Ma'arif Tegalrejo. 


Hal menarik dari kegiatan pembukaan ini adalah animo peserta yang begitu luar biasa. Diantaranya karena presiden memberikan kesempatan kepada 3 peserta untuk menjawab tantangan pertanyaan yang masing-masing berhadiah sepeda. Ketiga peserta berlari kencang ke arah podium bahkan sampai ada yang terlalu semangat hingga tersandung. Supriyanto, salah satu peserta dari kontingen Temanggung menyebutkan nama 7 suku dari 714 suku yang ada di Indonesia. Karena berhasil menjawab dengan benar pertanyaan yang disampaikan oleh presiden, kepadanya diberikan hadiah sepeda. Seusai upacara, digelar atraksi bela diri oleh pagar nusa, pentas Marching Band Lokananta Taruna Akmil, serta pentas seni khas Sako Pramuka LP Maarif NU.

Pendampingan paspampres yang begitu ketat tidak menghalangi semangat para santri dan siswa peserta Perwimanas II untuk berjabat tangan atau sekedar melambaikan tangan dan menyapa. Mereka menunggu berjumpa presiden dan rombongan meski dibawah terik matahari yang begitu menyengat. Tidak hanya para santri dan siswa, para pendamping serta panitia sangat antusias mengikuti upacara pembukaan Perwimanas II ini. Salah seorang juri lomba perkemahan dan yel-yel, yaitu Ibu Iim dari Kwarcab Magelang menyampaikan bahwa beliau sangat yakin kegiatan ini berlangsung dengan sukses. Terbukti dengan antusias yang ditunjukkan para peserta dengan menyerukan yel-yel masing-masing kontingen yang menggema memenuhi arena upacara meskipun kegiatan perlombaan baru akan dimulai. Pak Masngud, salah seorang pendamping kontingen dari Kabupaten Blora menyampaikan bahwa semangat NKRI yang ditunjukkan para peserta Perwimanas II ini sudah tidak diragukan lagi keasliannya. Menindaklanjuti program kegiatan yang diselenggarakan pada Perwimanas II ini khususnya kegiatan bedah rumah, Joko Purnomo selaku wakil ketua panitia menyampaikan bahwa program ini mempunyai sasaran penerima manfaat sebanyak 36 rumah. Selain itu, kegiatan lomba seni budaya diselenggarakan guna tetap menjaga ciri khas Ma'arif sekalipun kegiatan dikemas dalam kegiatan Pramuka.


Kegiatan Pembukaan Perwimanas II ini dapat terselenggara dengan lancar berkat kerjasama yang apik antara para pelatih dari Kwarcab Magelang diantaranya Kak Hadi Sunarso, Kak Romadon, Kak Umar Harjani, dan Kak H Sutisno dari sako Ma'arif. Upacara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH Ahmad Said Asrori selaku Rois Suriah PCNU. 

(agz)

Sumber: http://www.maarifdiy.com/2017/09/presiden-buka-perwimanas-ii-magelang/



Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :