Diklat Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT (Bagian Kedua)

Peserta menunjukkan proyeknya
Melanjutkan kegiatan diklat sebelumnya, pada hari ini para peserta diajak untuk mengolah foto, video, dan suara menjadi sebuah video dengan bantuan aplikasi pada smartphone. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat video menjadi bermakna. Alat yang digunakan dengan smartphone karena perangkat ini memang dimiliki oleh para peserta. 

Pada kesempatan ini, para peserta mengolah video kegiatan pembelajaran selama satu sesi. Memang sebelumnya para peserta telah menyiapkan rekaman kegiatan belajar di sekolah masing-masing. Setelah itu, di kegiatan diklat ini para peserta belajar mengolah rekaman masing-masing dengan aplikasi gratis yaitu VideoShow. Aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore dan appstore. 

Setelah melalui beberapa proses dengan bimbingan maupun mandiri, peserta mengekspor hasil video dan menyimpannya ke dalam galeri ponsel. Pasca proses ekspor, peserta mengecek hasilnya di galeri video. Akhirnya, peserta dapat mengunggah atau pun membagikannya kepada teman-teman melalui media perpesanan.

Yang menarik dari kegiatan ini ada satu peserta yang panik karena file-file rekamannya hilang. Ternyata penyebabnya karena ketika mengekspor muncul pemberitahuan bahwa memori penuh, akhirnya peserta tersebut menghapus satu folder video tempat tersimpannya semua rekaman. Hal ini karena peserta kurang mengetahui jika aplikasi terhubung ke media penyimpanan tempat mengakses bahan-bahan yang diolah. Akhirnya peserta tersebut mengambil rekaman baru untuk melanjutkan kegiatan editingnya. Alhamdulillah, atas peristiwa ini peserta yang lain dapat mengetahui bahwa media digital mempunyai satu kelemahan yaitu dapat hilang kapan pun atas sebab virus, crash, hack, ketidaksengajaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu disarankan untuk file yang penting agar mempunyai salinannya di media lain seperti flashdisk, piringan, atau pun di akun penyimpanan online. 

(agz)

Narasumber dari Balai Tekkomdik

Peserta asyik mengolah video

Rehat sejenak untuk berfoto

Saudara Oki Pambudi dari Balai Tekkomdik DIY



Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :