Kegiatan Rutin Berenang

Puji syukur alhamdulillah senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan YME, Allah SWT yang telah memberikan banyak rahmat dan karunia. Sholawat dan salam tetap tercurah kepada Rasulullah SAW.
Air merupakan bagian dari lingkungan yang memiliki peran vital dalam kehidupan manusia. Air juga memiliki efek terapi bagi manusia. Hal tersebut seperti dituliskan Effendy dalam Sentot bahwa berendam dan atau menyeka tubuh dengan air dingin berefek mendinginkan dan merangsang tubuh atau bagian tubuh, air yang dingin akan mengkerutkan pembuluh kapiler. Pengerutan pembuluh kapiler akan memperlancar aliran darah ke otak, jantung, paru-paru dan ginjal., sehingga organ-organ tersebut memperoleh darah lebih banyak dari biasanya.
SLB Bhakti Pertiwi melaksanakan kegiatan rutin setiap bulan yaitu latihan berenang. Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pekan terakhir ini bertempat tetap di kolam renang Rejondani yang terletak 500 meter dari sekolah. Kegiatan ini utamanya bertujuan untuk menjaga kebugaran para siswa. Para wali kelas membimbing anak didiknya masing-masing. Anak yang masih kecil ditempatkan di kolam yang dangkal sedangkan yang sudah besar berada di kolam utama yang dalamnya 1,25 – 1,5 meter. Anak yang terlihat bakatnya dalam berenang selanjutnya akan dilatih secara berkala untuk bersiap dalam kegiatan lomba. Febri Indrawan dan Putri Oktaviani misalnya, kedua anak ini adalah siswa kelas VI SDLB B yang pernah mendapat juara renang pada kompetisi porsenitas tingkat kabupaten pada tahun kemarin. Namun yang terutama dalam kegiatan ini adalah kebugaran anak-anak tetap terjaga dan sebisa mungkin anak dilatih untuk dapat berenang. Anak juga diberi pengertian bahwa berenang merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW. Dengan demikian, latihan berenang ini selain mendapat kebugaran juga memuat nilai ibadah. Alhamdulillah.
(agz)











Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :