Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME, Allah SWT, sholawat serta salam tercurah untuk Nabi Muhammad SAW.
Setiap individu perlu menyibukkan dirinya dengan sesuatu yang bermanfaat. Hal tersebut bertujuan untuk menyalurkan kemampuan yang ada dalam diri sehingga energi dalam diri dapat mengalir keluar dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Itulah bentuk dari aktualisasi diri.
Membatik merupakan salah satu kegiatan yang menjadi mata pelajaran keterampilan yang ada di SLB Bhakti Pertiwi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa jenjang SMP dan SMA. Melalui kegiatan ini anak belajar membuat kain bermotif batik mulai dari membuat pola sampai tahap finishing dan menjadi barang jadi. Kegiatan membatik dilaksanakan di sekolah unit 2 yang terletak di Marangan Bokoharjo Prambanan Sleman. Anak belajar tahap demi tahap dalam kegiatan ini. Adapun langkah-langkah membuat kain batik bisa dibaca disini. Pelayanan diberikan secara individual, dengan harapan masing-masing anak dapat menguasai dengan benar dalam setiap prosesnya. Produk batik selanjutnya dipasarkan dada saat pameran dan ada juga yang dibeli oleh orangtua siswa. Instruktur keterampilan membatik, Bapak Makinudin, M.Pd. mengatakan bahwa kendala dalam kegiatan membatik di sekolah pada saat ini adalah pada pemasaran. Produk-produk batik yang dihasilkan belum terjual maksimal. Oleh sebab itu, perlu dimunculkan solusi untuk mengatasinya. Adapun langkah yang menjadi wacana untuk dilaksanakan adalah dengan membangun toko online sebagai media memasarkan produk kain batik siswa. Selain kain batik, akan dipasarkan juga hasil keterampilan siswa yang lain, mengingat tidak hanya batik saja yang dihasilkan para siswa di SLB Bhakti Pertiwi. Selain toko online, nantinya produk juga dipasarkan melalui koperasi usaha siswa, instruktur juga membangun relasi dengan pihak-pihak lain yang relevan. Pembaca yang tertarik ingin mengetahui lebih lanjut dan barangkali bekerjasama dapat menghubungi bagian keterampilan membatik SLB Bhakti Pertiwi maupun koordinatornya yaitu Ibu Sri Kusmiyati, S.Pd. dan Bapak Makinudin, M.Pd. di 0821 3513 5562 atau datang langsung ke kampus SLB Bhakti Pertiwi pada jam dinas.
Demikianlah kegiatan membatik di SLB Bhakti Pertiwi, semoga melalui kegiatan ini semakin menuju visi sekolah yakni terciptanya ABK yang bertaqwa. Alhamdulillah.
(agz)


 
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :