Pelatihan UKS: Pola Hidup Bersih Sehat, Kespro, Jajanan Sehat dan Bahaya Rokok (Day 1)


Sesi Kespro Bagi Siswa ABK Remaja
Alhamdulillah

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahaesa, Allah SWT, yang telah melimpahkan banyak karunia dan rahmat kepada kita semua. Sholawat serta salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.

Pepatah Arab mengatakan “Kebersihan sebagian dari Iman”, pepatah lama mengatakan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kebersihan dan kesehatan ibarat dua sisi mata koin. Tentang kebersihan dan kesehatan ini, orang sudah banyak tahu, telah hafal diluar kepala bahwa menjaga kebersihan itu merupakan pokok terciptanya kesehatan. Orang juga sudah banyak yang tahu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun pengetahuan ini belum banyak yang dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan 1 faktor, yaitu “KESADARAN”. Memberikan pengetahuan itu lebih mudah, tetapi tumbuhnya kesadaran itu faktor individu masing-masing.


Untuk memberikan edukasi dan kesadaran pada seluruh warga sekolah, SLB Bhakti Pertiwi menyelenggarakan Penyuluhan dan Pelatihan UKS yang diikuti oleh semua siswa, guru dan karyawan. Kegiatan yang terselenggara di aula unit 1 ini dibuka secara resmi oleh Ketua Komite sekolah. Materi disampaikan oleh Tim Pembina UKS dari Puskesmas Prambanan Sleman.

Materi pertama disampaikan oleh dr. Sundari mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jajanan sehat, dan bahaya merokok. Yang menarik pada sesi ini adalah adanya masukan dari anak-anak kepada guru yang terkadang masih suka merokok dan terlihat oleh siswa. Dan guru pun menerima masukan dengan baik.

Sesi Jajanan Sehat di Sekolah
Materi selanjutnya adalah tentang kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh dr. Rahma. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SDLB, SMPLB dan SMALB yang remaja dan akil baligh. Pada sesi ini diperkenalkan tentang organ reproduksi pada pria dan wanita. Selain pengenalan organ reproduksi, dijelaskan cara merawat dan menjaga tubuhnya masing-masing. Dalam sesi ini terjadi dialog antara siswa dan narasumber. Keseluruhan kegiatan berlangsung dengan lancar.

Penulis sebagai pendidik sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini lebih memupuk kesadaran pada warga sekolah. Apalagi tentang materi kesehatan reproduksi yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Melalui materi ini terjadi transfer informasi kepada siswa remaja dan akil baligh, mengingat kesadaran yang ada pada siswa remaja masih rendah, sehingga mereka ‘hanya’ mengadopsi kognisi dari lingkungan, teman dan media yang belum terseleksi. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan siswa remaja terhadap para narasumber. Melalui penyuluhan yang disampaikan oleh para dokter dari puskesmas ini diharapkan para siswa dan warga sekolah memperoleh pemahaman dan akhirnya timbul kesadaran pada diri. Dalam kegiatan ini, para dokter memiliki otoritas sehingga akan lebih membekas dalam ingatan dan pengalaman para siswa. Akhirnya kebersihan dengan sendirinya menjadi kebutuhan, seperti halnya saat lapar maka dengan sendirinya mencari makanan.

Demikian kegiatan pelatihan UKS hari pertama yang berkaitan dengan PHBS, jajanan sehat, bahaya rokok dan kesehatan reproduksi. Acara dilanjutkan hari kedua. Sampai jumpa di catatan selanjutnya. Alhamdulillah.

(agz)
Apersepsi Semua Anak

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Pembukaan Oleh Ketua Panitia

Sambutan-Sambutan

Siswa dan Guru Karyawan pada sesi PHBS

Penjelasan PHBS

Foto Bersama

Foto Bersama

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :