SLB Bhakti Pertiwi Mengikuti ICT & Edu Fair 2014

Pendidikan merupakan instrumen utama pembangunan sumber daya manusia (SDM). Salah satu arah kebijakan pembangunan bidang pendidikan adalah “Meningkatkan kemampuan akademik dan profesional tenaga kependidikan sehingga tenaga kependidikan mampu berfungsi secara optimal terutama dalam peningkatan pendidikan watak dan budi pekerti agar dapat mengembalikan wibawa lembaga dan tenaga kependidikan ”. Sebagai implementasi dari kebijakan tersebut sudah selayaknya program dan kegiatan pembangunan bidang pendidikan diarahkan untuk
pengembangan profesionalisme guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Profesionaltas guru juga dapat dilihat seberapa jauh peserta didiknya mampu mengaktualisasi pengetahuanya melalui serangkaian kegiatan unjuk kerja. Kegiatan ilmiah yang dikemas dalam satu kegiatan Kemah Ilmiah Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) diharapkan menjadi arena bagi guru dan siswa untuk mengaktualisasikan diri melalui berbagai macam kegiatan yang diikuti. Kegiatan Kemah Ilmiah TIK diselenggarakan di satu arena terbuka tanah lapang, disini para guru peserta Kemah Ilmiah TIK akan mengikuti kegiatan Lomba Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran, lokakarya Strategi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile, dan serangkaian kegiatan lainya yang bernuansa TIK. Sedangkan bagi para siswa disediakan kegiatan unjuk kerja dalam hal pemanfaatan media pembelajaran untuk mengasah pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami mata pelajaran yang dipelajarinya, sesuai dengan konsep Kurikulum 2013.

Pelaksanaan Lomba Siswa
Atas latar belakang itulah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY melalui Balai Teknologo Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY menyelenggarakan ICT & Edu Fair 2014 berupa Kemah Ilmiah TIK yang dilaksanakan di Museum Beteng Vredeburg Yogyakarta pada 19 dan 20 Agustus 2014. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi SLB, SD, SMP, SMA dan SMK se-DIY dan Guru serta pendidik jenjang SLB, SD, SMP, SMA dan SMK.  ICT & Edu Fair 2014 ini sebagai ajang unjuk kreatifitas guru dan siswa dalam berinovasi memanfaatkan ICT untuk pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam event ini terselenggara acara-acara seminar, pameran-pameran, lomba siswa dan lomba guru.
Guru sedang antre menunggu giliran Presentasi
SLB Bhakti Pertiwi mengirimkan siswa-siswi dan guru untuk ikut berpartisipasi dalam ICT & Edu Fair 2014 / Kemah Ilmiah TIK ini. Siswa-siswi mengikuti lomba membuat poster bertema Cinta Budaya Yogyakarta, sedangkan guru mengikuti lomba pembuatan dan presentasi Media Pembelajaran Berbasis IT. Pada kesempatan ini siswa mendesain poster menggunakan software Photoshop dan guru dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan program Lectora. Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan. SLB Bhakti Pertiwi dalam lomba guru memperoleh peringkat I disusul oleh SLB N Gunungkidul dan SLB N Kulon Progo pada peringkat ke-2 dan ke-3.
Setelah pelaksanaan lomba ini, diharapkan menjadi trigger bagi guru dan siswa untuk semangat dalam memajukan pendidikan di sekolah dengan memanfaatkan TIK. Peringkat I yang diperoleh SLB Bhakti Pertiwi ini juga menjadi nilai tersendiri bagi sekolah untuk lebih giat dan kompak untuk melaksanakan tugas belajar dan mengajar mengingat dalam lomba ini SLB Bhakti Pertiwi sebagai sekolah swasta mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri yang lain. (admin)

Pembukaan Event

Suasana Acara

Persiapan Lomba

Para Official

Pengawasan Lomba

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :