Studi Wisata SLB Bhakti Pertiwi

Alhamdulillahirobbil'alamin, puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahaesa Alloh SWT atas limpahan karunia dan nikmatNya. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Studi Wisata ke Candi Borobudur
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak hanya berupa kegiatan di dalam kelas. Proses belajar mengajar sehari-hari dapat dilakukan di luar kelas. Salah satunya dengan proses belajar yang nyata (kontekstual). Bentuk proses nyata yang dapat dilakukan adalah kegiatan yang turut membawa siswa survei secara langsung pada objek pembelajaran, di antaranya objek kultur, historis, dan ilmu pengetahuan serta teknologi. Kegiatan edukatif tersebut membawa pengalaman siswa dalam pendalaman dan memperluas wawasan yang berorientasi pada pembelajaran kontekstual. Atas dasar itulah maka pada 6
Nopember 2014 dilaksanakan Studi Wisata ke Candi Borobudur dan Taman Kyai Langgeng. 
Setelah mendapatkan ijin dari Dinas Dikpora DIY, maka tibalah saatnya SLB Bhakti Pertiwi melaksanakan kegiatan studi wisata ini. Pukul 06.30 Waktu Indonesia bagian Bokoharjo, para siswa dan guru telah standby di lokasi sekolah sambil mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan. Pukul 07.10 WIB, bus sudah datang. Kendaraan yang digunakan adalah 2 unit bus dan 1 unit mobil. Dalam kegiatan ini didampingi juga Bapak Pengawas PLB Dinas Dikpora DIY.
Anak membaca maket taman wisata Candi Borobudur
Tujuan pertama adalah Candi Borobudur, dan obyek selanjutnya adalah Taman Kyai Langgeng. Saat berada di Borobudur, anak mengamati keadaan sekitar sambil mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata. Siswa SLB Bhakti Pertiwi juga belajar berinteraksi dengan pengunjung, baik pengunjung dalam negeri maupun mancanegara. Seluruh kegiatan di Candi Borobudur ini alhamdulillah sepenuhnya bebas biaya karena PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko adalah sangat peduli dan sayang dengan anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Bhakti Pertiwi. (Terima kasih PT. TWC semoga sukses dan jaya selalu, amin).
Di Taman Kyai Langgeng, anak-anak belajar tentang aneka ragam tanaman dan satwa Nusantara. Anak-anak juga belajar berbagi dengan teman-temannya melalui acara tukar kado. Pengawas PLB Dinas Dikpora DIY Bapak Al Musthofa MA mengatakan bahwa acara ini sangat bagus untuk perkembangan anak dalam memperluas wawasan. 
Akhirnya acara selesai pukul 17.00 dengan selamat dan lancar, meskipun ada 2 anak yang mabuk perjalanan. Namun secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar tanpa mengalami kendala yang berarti. Terima kasih kepada Dinas Dikpora DIY yang telah memberikan ijin kegiatan ini, terima kasih kepada Bapak pengawas yang telah mendampingi kegiatan ini, dan terima kasih kepada Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Taman Kyai Langgeng yang telah memfasilitasi kegiatan kami ini, semoga Tuhan YME Alloh SWT memberi ganti dengan nikmat yang berlimpah. Aamin
Alhamdulillah.
(agz)
anak mengamati kapal Borobudur

budaya mengantri itu indah

foto bersama di antara stupa

mengamati diorama

membeli minuman pada mesin minuman

menawar harga

kado silang itu asyik

hore, aku bahagia

apa nama tanaman ini?

nice to meet you, mister :)

museum kapal

melihat sejarah kapal Indonesia
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :