Alhamdulillahirobbil'alamin,
Siswa dan guru panen lele
Puji syukur kita haturkan kehadirat Tuhan Yang Mahaesa Alloh SWT atas limpahan karuniaNya sehingga kita masih diberi kesempatan menghirup nafas sampai detik ini.
Salah satu program kemandirian yang diajarkan kepada siswa SLB Bhakti Pertiwi adalah perikanan. Ikan yang dibudidayakan di sekolah antara lain ikan nila dan ikan lele. Setelah sekitar 2 bulan pemeliharaan, maka pekan ini jadwalnya memanen lele. 

Benih yang ditebar per kolam adalah 2500 ekor bibit lele. Ikan diberi makan palet dan makanan tambahan lain seperti ampas tahu dll. Setelah 2 bulan dipelihara, maka ukuran ikan sekitar 6-7 ekor/kg. Dan setiap 1000 ekor panen hasilnya mencapai 1 kuintal-1 kuintal 15 kg.
"Ya, kurang dari 2 bulan sudah bisa kita panen. Karena jika ukuran ikan terlalu besar, maka rasa dagingnya tidak begitu enak." Kata instruktur perikanan SLB Bhakti Pertiwi Bapak Heri Suyanto.
Ikan-ikan hasil panen selanjutnya sudah dijemput oleh pengepul ikan langganan sekolah, sedangkan sekolah juga menyisihkan sebagian untuk dimasak dan dimakan bersama siswa dan guru dan juga ada yang dibagikan ke masyarakat sekitar meski tidak banyak.
Alhamdulillah, semuanya senang, dan anak bisa menikmati hasil usaha dan belajarnya. Selain itu mereka bisa belajar berbagi. Semoga anak-anakku menjadi anak yang mandiri, terampil dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan sebagaimana visi SLB Bhakti Pertiwi.
Persiapan pengesatan air kolam

Kolam perlu disat agar mudah dalam mengambil ikan

Menangkap lele dengan tangan

Sekaligus menjadi moment untuk refreshing

Butuh teknik untuk menangkap lele agar tidak mrucut.

Lele yang sudah diambil ditampung di ember

Anak menangkap ikan dengan jaring

Alhamdulillah
---===== DALAM HIDUP INI, MASIH BANYAK YANG PERLU DISYUKURI ====-----
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :