Panen adalah kegiatan akhir yang dilakukan para siswa setelah menjalani rangkaian proses beternak ayam. Kegiatan ini dilakukan pada bulan kedua sejak pembibitan. Pada kesempatan ini, SLB Bhakti Pertiwi tengah panen 1350 ekor ayam. Ayam-ayam tersebut diambil oleh koordinator kelompok ternak ayam. Beberapa ekor ayam masih tersisa dan tidak diambil. Hal ini karena beberapa ayam tersebut memiliki bobot yang kurang dari standar yang biasa disebut "kuntingan". Ayam inilah yang diolah oleh para siswa dalam kegiatan praktik tata boga kali ini.

Ada 15 ekor ayam yang diolah oleh para siswa. Setelah melewati proses pemotongan dan pembersihan, para siswa dengan didampingi guru memotong daging ayam. Selain itu, beberapa siswa lainnya bertugas menyiapkan perlengkapan memasak seperti panci, layah, pisau, dan talenan. Siswa yang lain diberi tugas "mususi" alias mencuci beras yang akan ditanak. Setelah sekitar 90 menit mereka di dapur, masakan pun siap disantap. Kali ini, rica-rica istimewa telah terhidang di meja. Beberapa siswa lebih suka makan dengan cara lesehan. Alhamdulillah, kegiatan hari ini menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan sekaligus mengenyangkan. 





Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :