Validasi dan Sosialisasi Kamus Jawa Dwi Bahasa

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberi karunia kefahaman kepada kita semua. Sholawat dan salam tercurah kepada Rasulullah SAW.

Kamus Bahasa Jawa Versi Sebelumnya
Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk dipergunakan bertutur dengan manusia lainnya dengan tanda, misalnya kata dan gerakan (Wikipedia: 2016). Kita telah banyak mengenal bahasa dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bahasa daerah masing-masing, bahasa Indonesia dan bahasa negara lainnya. Jumlah bahasa daerah di Indonesia sangat banyak, ada yang masih lestari, ada yang hampir punah dan bahkan ada yang punah sama sekali. Bahasa yang masih lestari salah satunya adalah Bahasa Jawa.

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai TekKomDik) berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memahami Bahasa Jawa. Hal ini dilakukan dengan membangun sebuah aplikasi yang bernama Kamus Jawa Dwi Bahasa. Aplikasi kamus elektronik ini berisi tentang basis data kosakata bahasa Jawa yang memuat makna sekaligus penjelasannya dalam Bahasa Indonesia. Oleh sebab itulah aplikasi ini bernama Kamus Jawa Dwi Bahasa. Aplikasi ini nantinya dapat dijalankan melalui peralatan elektronik yang berupa ponsel maupun tablet berbasis Android, iOS dan Ponsel Windows. 

Kepala Balai TekKomDik, Ibu Isti, menyampaikan bahwa kebutuhan akan pemahaman Bahasa Jawa khususnya di sekolah dan umumnya di masyarakat sangat tinggi. Kebutuhan tersebut merujuk kepada pentingnya pendidikan karakter di sekolah. Salah satu indikator bahwa karakter anak baik adalah dengan membudayanya bahasa Jawa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian guru akan mempunyai rujukan yang tepat ketika mengajarkan bahasa Jawa di kelasnya.

Kepala Dinas Dikpora membuka kegiatan
Kamus Jawa Dwi Bahasa yang dikembangkan oleh Balai TekKomDik pada saat ini sedang dalam tahap validasi, artinya seluruh basis data kosakata yang terdapat di dalam aplikasi kamus tersebut dikaji ulang oleh para pihak yang berkompeten. Pengkajian ulang basis data kosakata tersebut dilakukan oleh 200 guru bahasa Jawa yang berasal dari SMP, SMA dan SLB se-DIY melalui kegiatan validasi. Kegiatan ini selain mengkaji tentang kosakata, maka juga dikaji tentang tampilan antarmuka aplikasi oleh dosen-dosen perguruan tinggi di DIY, sehingga dengan demikian pengguna merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi kamus ini.

Alhamdulillah, kegiatan Validasi dan Sosialisasi Kamus Jawa Dwi Bahasa tahap pertama ini dapat selesai dengan lancar. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada peserta dan juga penampilan Band 26 dari Balai TekKomDik DIY. (agz)




kegiatan validasi oleh peserta


Peserta merupakan Guru Bahasa Jawa se-DIY





Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :