Peningkatan Kesadaran Menyusun PTK

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua. Sholawat dan salam tercurah kepada Rasulullah SAW.

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi kita semua, tak terkecuali bagi seorang guru. Dalam rangka menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pembuatan karya ilmiah khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus I Sekolah Luar Biasa Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Diklat Pengembangan Penulisan PTK. Kegiatan yang bertempat di SLB Bhakti Kencana Krikilan Berbah ini diikuti oleh 3 sekolah yaitu SLB Bhakti Pertiwi, SLB Bhakti Kencana, SLB Bhakti Kencana II. Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 pertemuan mulai dari 4 Oktober sampai dengan insyaallah 22 Oktober ini dipandu oleh narasumber dari LPMP Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kegiatan dimulai pada hari pertama dengan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, melalui Kasie PLB, Bapak Purwadi, S.Pd. selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan materi Hakikat PTK dalam PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) oleh Pengawas PLB, Bapak Sardiyana, MA. Selanjutnya dilaksanakan oleh Ibu Singgih Trihastuti, M.Pd, widyaiswara dari LPMP DIY. Melalui kegiatan ini diharapkan guru SLB dapat melaksanakan penelitian dan menyusun laporan PTK.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah ketika masing-masing guru mempresentasikan rancangan penelitian, dimana pada sesi ini rancangan masing-masing dikritisi dan dikoreksi bersama-sama audiens. Senyum dan tawa menghiasi bibir peserta ketika bertemu dengan sesuatu yang menarik terkait rancangan PTK. Akhir kata semoga melalui pelatihan PTK ini semakin memperbaiki kegiatan pembelajaran, menjadikan guru lebih peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran dan akhirnya kita tercatat sebagai guru yang telah menjalankan amanah tugas pendidikan disisi Allah SWT.
(agz)














Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :