Pengenalan Lingkungan Sekolah Bhakti Pertiwi

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Agung, sholawat dan salam tercurah pada junjungan kita Rasulullah SAW.
Hari kedua masuk sekolah ini dilaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Definisi PLS menurut Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 adalah sebagai berikut:
Pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.
Pada hari ini, anak-anak baik yang lama maupun siswa yang baru masuk melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan ini dengan berkeliling mengenali lingkungan sekolah unit 1 dilanjutkan berjalan menyusuri kampung sekitar sekolah menuju gedung sekolah unit 2. Sampai di unit 2, anak-anak diperkenalkan dengan ruangan-ruangan sekolah seperti ruang keterampilan batik, anyam keset, ruang gamelan, kandang ayam, kolam ikan dan kelas masing-masing. Selain itu anak-anak diperkenalkan dengan lingkungan sekolah seperti gedung SD Bokoharjo, MBS, pabrik MAK dan Candi Banyunibo.
Yang menarik dari kegiatan ini adalah anak lama yang biasanya pendiam ketika bertemu teman-teman baru menjadi aktif bercerita dan berani berkenalan di muka kelas. Dari 5 siswa baru, 4 yang masuk hari ini, karena yang 1 sedang menjalani terapi. Koordinator kurikulum, Bapak Rudianto menyampaikan kepada siswa untuk selalu rukun dan menganggap semua teman adalah saudara seperti ketika di rumah. Dengan kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran akan lingkungan sekolah dan perkenalan dengan teman baru makin erat. Kegiatan diakhiri dengan perjalanan kembali ke unit 1 untuk istirahat dan selanjutnya pulang.





Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :