Workshop Braille Arab

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang mahaesa, Allah SWT, yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua. Sholawat serta salam tetap tercurah kepada Rasul utusan Tuhan, Rasulullah SAW.
Pendidikan adalah hak bagi setiap individu termasuk Anak Berkebutuhan Khusus. Seorang guru pendidikan khusus seyogyanya juga mampu mengajarkan hal dasar bagi ABK yaitu membaca dan menulis, sebagaimana Tuhan mengajarkan ilmu kepada manusia dengan perantaraan kalam. ABK yang tidak mengalami gangguan kecerdasan, idealnya memiliki kemampuan membaca dan menulis, baik baca tulis aksara latin maupun aksara arab bagi ABK muslim. Khusus bagi ABK muslim inilah diperlukan teknik khusus dalam membaca dan menulis aksara arab atau huruf hijaiyah yaitu dengan menggunakan teknik Braille. Braille merupakan jenis huruf yang berupa kode titik yang timbul dan dapat diraba dengan sentuhan ujung jari.
Penggunaan huruf hijaiyah braille dapat menjembatani ABK dengan gangguan penglihatan sehingga dapat membaca kitab suci Al Quran. Untuk itulah guru pendidikan khusus yang mengajar Pendidikan Agama Islam anak dengan gangguan pengelihatan idealnya menguasai teknik menulis dan membaca huruf hijaiyah braille.
Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru PAI dalam membaca dan menulis huruf Arab braille ini, maka MGMP PAI SLB se-DIY menyelenggarakan kegiatan workshop braille Arab. Tujuan dari acara ini adalah agar guru PAI semakin menguasai baca dan tulis braille Arab sehingga mampu mengajar ABK dengan gangguan pengelihatan. Acara yang terselenggara di SLB N Pembina Yogyakarta ini dibuka secara resmi oleh Pak Sunu dari kantor Kemenag DIY. Selanjutnya dilaksanakan acara inti workshop braille Arab yang dipandu oleh Ibu Hindatul Latifah, pengawas dari Kemenag DIY. Acara yang berlangsung dari pukul 07.30 – 16.00 WIB ini memberikan manfaat bagi guru PAI SLB dalam menulis dan membaca huruf arab braille, baik manual menggunakan stylus dan reglet maupun dengan diketik computer menggunakan program MiBee Braille Converter. Acara diakhiri dengan berlatih mengkonversi huruf hijaiyah pada buku Iqra’ kedalam huruf braille.
Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar dan peserta mendapat input ilmu yang insyaAllah bermanfaat dalam mengajar ABK di sekolah. (agz)




  




Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :