Belajar di Alam Sekitar

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan YME, Allah SWT, pencipta alam semesta yang indah ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada kekasih Allah, Rasul Muhammad SAW.
Alam merupakan laboratorium raksasa yang dapat dimanfaatkan untuk bermain sambil belajar, khususnya bagi anak-anak. Keberadaan alam dapat dimanfaatkan untuk melatih keterampilan dan pembiasaan diri bagi anak yang nantinya berguna di masa depannya. Pemanfaatan alam sebagai media belajar ini memiliki keunggulan tersendiri yakni dapat membuat anak asyik belajar dan bebas berekspresi. Biasanya belajar dengan dilandasi rasa senang akan membuat pembelajaran lebih mudah diikuti dan diserap otak.
Oleh karena itu dalam pelaksanaan pembelajaran di SLB Bhakti Pertiwi, anak juga diajak untuk belajar dengan memanfaatkan alam sekitar. Pembelajaran kali ini, anak-anak bergabung dengan kelas lain, selanjutnya dibagi menjadi 3 kelompok. Mereka berkeliling di lingkungan sekitar sekolah untuk mencatat beraneka macam tanaman yang tergolong buah-buahan, sayuran dan makanan pokok.
Di akhir pembelajaran, anak juga diajak untuk mengamati peninggalan budaya berupa candi. Anak juga berlatih berbicara dengan lapor minta ijin kepada bapak satpam penjaga candi untuk bisa masuk candi.
Dengan pembelajaran di alam ini, akan diperoleh beberapa manfaat. Pertama, alam memberikan banyak kemungkinan untuk memberikan variasi metode yang berhubungan dengan audio visual bahkan aspek psikomotorik, sehingga anak tidak cepat bosan. Kedua, suasana alam cenderung identik dengan kehidupan alami yang terdiri dari dunia tumbuhan, hewan dan lingkungan biotik-abiotik. Hal ini dapat menjadi faktor pendorong rasa ingin tahu anak terhadap lingkungan sekitarnya. Rasa ingin tahu yang tinggi dapat menjadi hal positif untuk memberinya banyak pengetahuan dan pemahaman. Ketiga, melalui alam anak belajar banyak tentang teknik hidup, mulai dari strategi bertahan hidup, cara mengatasi masalah hingga mencintai lingkungan sekitar. Keempat, alam bisa menginspirasi kita untuk memberikan banyak variasi materi pembelajaran karena semua yang ada di alam sekitar kita adalah materi pembelajaran. Kelima, suasana alam yang variatif dan menyenangkan sangat bagus untuk menstimulasi perkembangan otak anak.
Alhamdulillah.
(agz)
mengamati tanaman di sawah

membau daun tanaman

menyebutkan ciri-ciri tanaman tertentu

mengamati tanaman buah

menyebutkan tanaman sayur

mencatat ciri tanaman

mengamati aneka ragam rumput

mengamati gerak daun putri malu

membaca petunjuk

mencatat tanaman sekitar candi

belajar lapor pada satpam


sumber artikel modifikasi dari sini
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :