Kegiatan Bulan Mei 2014 (Review)

Alhamdulillahirobbil'alamin, puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahaesa Alloh SWT yang telah memberikan rahmat-Nya kepada kita semua.
Di akhir bulan Mei ini, inilah kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan :

1. Lomba CCAI dan MTQ di SLBC Wiyata Dharma II Plumbon Mororejo Tempel Sleman

Acara ini diikuti oleh siswa-siswi SLB se-Kabupaten Sleman. CCAI dan MTQ dilaksanakan Sabtu 03 Mei 2014. Yang mengikuti lomba dari SLB Bhakti Pertiwi adalah Ananda Safira, Ananda Bella dan Ananda Nur Ilma. Didampingi oleh guru PAI Ibu Sri Purwanti.

2. Festifal, Lomba dan Gebyar Seni Siswa PK-LK Tingkat DIY Tahun 2014
(kiri ke kanan) Wasito, Sholeh, Andi, Aji dan Yoga
Tamu undangan dan Jajaran Pejabat Dinas Dikpora DIY
Seni Drum Band
Tari Eropa



Pelepasan Balon
Event ini diikuti oleh siswa-siswi SLB se-DIY pada Sabtu, 10 Mei 2014 di Lapangan Karang Prenggan Kotagede Yogyakarta. Kali ini SLB Bhakti Pertiwi ikut serta meramaikan acara pembukaan. Acara dibuka oleh Kepala Seksi PLB dan Dikdas Bapak Purwadi, sekaligus melepaskan balon sebagai tanda resmi dibukanya acara. Siswa-siswi dari beberapa sekolah juga ikut meramaikan dengan pentas seni dan tari.

3. Jambore SLB di Youth Center Yogyakarta
Pelaksanaan jambore pada 12 s/d 14 Mei 2014 di Youth Center Yogyakarta. Adapun tujuan jambore ini untuk membentuk karakter bagi siswa SLB se DIY, khususnya bidang budi pekerti, disamping juga untuk menambah wawasan kebangsaan, rasa solidaritas yang sekarang ini sudah mulai luntur.
Dengan kegiatan Jambore ini harapannya bisa membentuk kepribadian generasi penerus bangsa, sehingga Disdikpora DIY, berkoordinasi dengan Kwarcab di Kabupaten/Kota se DIY, untuk melaksanakan jambore  khusus SLB yang di ikuti oleh SLB se DIY.
Youth Center Yogya. (foto dari : murniyaa-diary.blogspot.com)
Wakil Gubernur DIY Sambut Panitia Jambore SLB S DIY di Gedung Pareanom,Kepatihan Yogyakarta (dari http://portal.jogjaprov.go.id/index.php/pemerintah/1932)
4. Seminar Nasional PLB
Dalam rangka dies natalis emas UNY tahun 2014, maka Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan seminar nasional Pendidikan Luar Biasa dengan tema Pemantapan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan Bermoral Humanis dan Profesional. Acara ini diselenggarakan di gedung FIP UNY pada 18 Mei 2014. Sebagai speaker:
a. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. (Dosen Jurusan PLB UNS Surakarta/Anggota Dewan Pakar APPKhI): “Pengembangan karakter pendidik anak dengan kebutuhan khusus“.
b. Dr. Totok Bintoro, M.Pd.
(Ketua LPP UNJ/Ketua I APPKhI) : “Pengembangan profesi kependidikan PLB ditinjau dari otonomi ketenagaan Guru Pendidikan Khusus menurut perundangan-undangan”.

c. Drs. Ciptono (Praktisi/Kepala Sekolah SLB N 1 Semarang):
“Best Practice Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Anak dengan Kebutuhan Khusus”.

Suasana Seminar Nasional PLB UNY

5. Peringatan Isra' Mi'raj dan Pembinaan Guru Kab. Sleman

Masjid Gede Sleman
Guru SLB se-Sleman
Pembukaan oleh Bapak Marjani
Para Guru menyimak pengajian dan pembinaan
Suasana Pengajian
Penyerahan Hadiah
Pemenang lomba CCAI dan MTQ
Pengajian oleh ustadz Zaini
Dalam rangka memperingati Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW, maka MKKS Sleman menyelenggarakan pengajian sekaligus pembinaan guru. Acara diselenggarakan di Masjid Gede Sleman pada Sabtu 24 Mei 2014. Kepala Seksi PLB dan Dikdas Bapak H. Purwadi memberikan sambutan awal dan selanjutnya pembukaan oleh ketua MKKS Kab. Sleman Bapak Marjani. Sebelum masuk acara inti diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ananda Wahyu dari SLB Wiyata Dharma II, dan dilanjutkan penyerahan hadiah pemenang lomba CCAI dan MTQ yang diadakan 3 pekan yang lalu.
Acara dilanjutkan pengajian inti dengan speaker Ustadz Zaini dari Yogyakarta.
Melalui acara ini ustadz mengingatkan guru dan pegawai untuk selalu menjaga sholat wajib 5 waktu karena hal tersebut merupakan indikator keIslaman. Selain itu, sholat merupakan pembeda antara muslim dan non-muslim. Karena pentingnya sholat ini, maka Tuhan YME Allah SWT sendiri yang menyampaikan langsung kepada Nabi Muhammad SAW melalui peristiwa Isra' Mi'raj. Itulah perintah dan umat Islam harus patuh.
Sekedar renungan, Nabi Nuh belum tahu banjir akan datang saat ia membuat kapal dan ditertawakan kaumnya. Nabi Ibrahim belum tahu akan tersedia domba sebagai ganti anaknya ketika pisau nyaris memenggal Ismail. Nabi Musa belum tahu laut akan terbelah saat dia diperintah memukulkan tongkatnya. Yang mereka tahu adalah bahwa mereka harus patuh pada perintah Tuhannya. So, saat Tuhan memerintahkan 'Aqimissholah' / mendirikan sholat, mari kita laksanakan. Tuhan menyayangi kita semua.
Alhamdulillah...

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :