Akreditasi SLB C/C1 Bhakti Pertiwi dan Sosialisasi PLB

Alhamdulillahirobbil’alamin,
Puji Syukur kita haturkan kepada Tuhan Yang Mahaesa Alloh SWT atas limpahan karunia dan nikmatnya. Selanjutnya sholawat serta salam semoga tetap tercurah pada Nabi Agung Muhammad SAW.

Akreditasi adalah sebuah pengakuan untuk kompetensi, kredibilitas, kemandirian dan integritas dari Lembaga penilaian kesesuaian (LPK) dalam rangka melaksanakan kegiatan penilaian kesesuaian. Definisi resmi dari ISO untuk akreditasi adalah “pengesahan pihak ketiga terkait dengan menunjukan kompetensi Lembaga penilaian kesesuaian  untuk melaksanakan tugas-tugas penilaian kesesuaian tertentu. “(ISO / IEC 17000:2004)

Pada hari Senin, 11 Nopember 2013 dan Sabtu, 16 Nopember 2013 telah dilaksanakan Akreditasi Sekolah pada SLB C/C1 Bhakti Pertiwi. Acara ini dihadiri oleh seluruh orang tua/wali anak didik, seluruh pengurus komite sekolah, Kepala sekolah dan Guru SDN 1 Bokoharjo, Bapak Nurliadin, M.Pd selaku Ketua Yayasan Ma’arif NU cabang Sleman, Direktur Utama PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Bapak Ketua Dukuh, Ketua RT dan segenap tokoh masyarakat Desa Bokoharjo. Sebagai tim asesor akreditasi adalah beliau Bapak Drs. Wiji Suparno, M.Phil.SNE dan Bapak Drs. H. Buchori.

Pukul 07.00 WIB para tamu undangan dan asesor tiba disekolah. Acara penyambutan sangat meriah yakni berupa penabuhan gamelan oleh tim karawitan SLB Bhakti Pertiwi sekaligus pemberian kalung bunga oleh siswa yaitu Shanti Dewi dari kelas V/C dan Pratama kelas C1 kepada asesor. Selanjutnya bapak kepala sekolah Bapak Ngatna, M.Pd mempersilakan tim asesor memasuki ruang transit. 

Dalam acara ini selain dilaksanakan akreditasi diselenggarakan pula Sosialisasi Pendidikan Luar Biasa. Sebagai narasumber adalah Bapak Drs. H. Buchori. Beliau memberikan materi tentang pentingnya pendidikan untuk semua anak-anak, bahkan anak istimewa sekali pun. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang bagaimana prosesnya pendidikan luar biasa ini bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah saat ini. Selain itu yang terpenting lainnya adalah motivasi yang diberikan beliau kepada seluruh tamu undangan umumnya dan wali murid pada khususnya agar lebih bersyukur, narimo dan berbangga diri mempunyai anak-anak istimewa, karena itu semua adalah karunia dari Tuhan dan kelak yang akan menuntun kita di Akherat. Selain itu kepada guru-guru SLB pun juga harus lebih semangat dalam perjuangannya mendidik anak-anak, dan guru-guru SLB lebih bersyukur karena saat ini perjuangannya telah mendapat apresiasi lebih dari pemerintah.

Event inti kedua adalah penilaian instrument akreditasi. Tim asesor menilai instrument 8 Standar Nasional Pendidikan mulai dari standar isi hingga standar penilaian. Para asesor selanjutnya mempersilakan penanggung jawab masing-masing standar untuk menghadap dengan membawa instrument yang akan dinilai. Bapak Drs. H. Buchori menilai untuk yang pertama kalinya adalah Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang diampu oleh Agus Tri Yuniawan. Selanjutnya setelah itu berturut-turut dinilai instrument yang lainnya. Bapak Drs. Wiji Suparno, M.Phil.SNE dan Bapak Drs. H. Buchori telah selesai menilai seluruh instrument. Acara selanjutnya adalah rekapitulasi nilai dari para asesor dilanjutkan istirahat dan briefing kepada semua guru dan karyawan. 

Terlaksananya event Akreditasi ini berkat adanya kerjasama yang apik dari pemerintah, Dinas Dikpora DIY, seluruh warga sekolah, komite sekolah, warga masyarakat, Yayasan Ma’arif NU DIY, SDN Bokoharjo, Pemerintah Desa Bokoharjo beserta Jajaran Muspika Prambanan Sleman, Polsek Prambanan Sleman, para donator dan pihak lainnya yang tidak disebutkan satu persatu. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan banyak terima kasih. Apapun hasilnyA, semoga dengan akreditasi ini mampu menjadi evaluasi bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk anak-anak istimewa di sekitar kita. Aamin. (Agz)


Karawitan Bhakti Pertiwi menyambut para tamu

Para tamu tengah menunggu Bapak Asesor

Bapak Ketua Yayasan Ma'arif Sleman dan Ketua MWC Prambanan

Asesor Bapak Drs. H. Buchori (kiri) dan Bapak Drs. Wiji Suparno M.Phil.SNE 

Pengalungan bunga oleh siswa kepada Tim Asesor

Bapak Kepala Sekolah Bapak Ngatna, M.Pd menyambut tim asesor

Siswa berbaris memberi jalan masuk kepada tim asesor


Para siswa mengiringi tim asesor

Team asesor menuju ruang transit


Tim Asesor memberi salam kepada anak-anak

Asesor menyapa para siswa dengan senang dan haru

Nampak keceriaan para siswa 


Gatotkaca pemandu mengantar tim ke ruang transit


Tim Asesor telah singgah di transit ditemani Bapak Kepala Sekolah

Sambutan oleh ketua Yayasan Maarif NU Sleman


Sosialisasi PLB Oleh Bp. Drs. H. Buchori


Bp. Drs Wiji Suparno, M.Phil.SNE melihat dan memotret aktifitas siswa SLB Bhakti Pertiwi


Foto bersama


Penilaian Instrumen Akreditasi oleh para asesor

Briefing setelah penilaian



Video Akreditasi SLB C/C1 Bhakti Pertiwi

Note : Foto dan video high resolution dan full length di SLB Bhakti Pertiwi (Y)







Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :