Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Komputer bagi Guru SLB Daerah Istimewa Yogyakarta

Assalamu'alaikum Wr Wb
Akhir-akhir ini penggunaan perangkat komputer sudah menyeluruh di semua bidang kegiatan. Tidak terkecuali bagi guru SLB. Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk menguasai pengoperasian komputer terutama program-program yang menunjang kegiatan pembelajaran. Program-program tersebut digunakan untuk mengerjakan administrasi guru, membuat laporan, sampai membuat sendiri bahan pembelajaran interaktif berbasis TIK.
Oleh karena itu, Dinas Dikpora DIY menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Komputer bagi Guru SLB Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan selama enam hari dari Tanggal 25 s.d 30 Mei 2013 hotel Brongto Jl. Suryadiningrat 26 Yogyakarta.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan satuan pendidikan, dan mendorong, meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam penggunaan/ mengoprasikan computer, memberikan kemudahan dalam memberikan layanan yang cepat kepada masyarakat, serta mendorong guru yang bersangkutan untuk menggunakan IT dalam pembelajaran di sekolah.
Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari masing-masing guru pengelola komputer SLB Daerah Istimewa Yogyakarta. Biaya untuk penyelenggaraan pelatihan peningkatan kompetensi pengelola computer bagi guru SLB se Daerah Istimewa Yogyakarta ini bersumber dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Nomor 17/DPA/2013 tanggal 15 Januari 2013.
Dari pelatihan ini materi yang didapat antara lain materi E-Learning tentang perkembangan teknologi komputer, pembuatan media pembelajaran berbasis TIK berupa pembuatan storyboard, flowchart, dan penggunaan perangkat lunak Lectora, Sneagit, Camtasia serta publikasinya dan ditutup dengan materi kerja tim dan pelayanan prima.
Lectora merupakan program pembuat media pembelajaran interaktif yang pada prinsipnya hampir sama dengan Power Point. Namun Lectora memiliki berbagai macam kelebihan diantaranya mempunyai banyak template, dapat dipublish ke banyak format, bahkan dapat untuk mendesain sebuah website. Lectora mempunyai 'kawan-kawan' yang otomatis terinstal sewaktu program ini diinstal ke komputer. Program bawaan tersebut diantaranya Snegit untuk mengolah gambar, Camtasia untuk mengolah video dan Fly paper.
Setelah diklat selesai, peserta diharapkan dapat mengaplikasikannya di sekolah masing-masing, sekaligus mempublikasikannya pada rekan-rekan guru yang lainnya. Yang tidak kalah pentingnya, peserta wajib membuat laporan kepada sekolah masing-masing setelah acara ini paripurna.
Demikian, semoga bisa menjadi Informasi, untuk program Lectora dll, dapat dicopy di BTKP Dinas Dikpora DIY, atau pada peserta dari masing-masing SLB, atau bisa di download dari website resmi Lectora di DISINI. Dan contoh laporan diklat Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Komputer bagi Guru SLB Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013 bisa di download DISINI. Sampaikanlah walau satu ayat, semoga Pendidikan Indonesia umumnya dan DIY khususnya semakin maju. Terimakasih kepada Dinas Dikpora DIYdan seluruh pihak yang telah membantu dalam acara ini.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :