Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) SLB Tahun 2019

Bismillah. Alhamdulillah. Akhir Maret ini Sekolah Luar Biasa Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) SLB Tahun 2019. Kegiatan yang diselenggarakan di SLB N 1 Sleman pada 26 Maret ini diikuti oleh sekolah-sekolah se-Kabupaten Sleman yang berjumlah 29 SLB. 

Acara dibuka oleh ketua MKKS, Marjani, S.Pd., M.Pd. Pada pembukaan ini pula disampaikan kepada para peserta untuk selalu semangat dan menjunjung tinggi sportifitas. Para juri yang berasal dari P4TK telah bersiap di lokasi masing-masing. Keterampilan yang dilombakan yaitu membatik, menjahit, hantaran, tata rias, merangkai bunga, memasak (boga), kriya kayu, dan kreasi barang bekas.

SLB Bhakti Pertiwi mengirimkan Ade Kurniawan pada lomba kriya kayu. Pada kesempatan ini, para peserta diinstruksikan untuk membuat mainan kinetik. Ade membuat sebuah timbangan buah sederhana. Pembimbing kriya kayu, Mas Suprayitno, memilih timbangan buah sebagai obyek karena ingin membuat mainan yang memiliki nilai fungsi. Sementara itu, peserta lain membuat truk, jungkat-jungkit, dsb.

Pada lomba menjahit, Mutiara membuat sebuah gaun pesta remaja. Dengan waktu empat jam, peserta diharuskan menyelesaikan pekerjaannya. Bu Alfi, pembimbing Mutiara, menyampaikan bahwa hal yang masih menjadi tantangan adalah dalam pemasangan rit. Hal ini karena jenis rit yang digunakan adalah rit jepang.

Febri Indrawan mewakili cabang keterampilan membatik. Pada kesempatan ini, ia membuat selendang dengan motif Kraton Ratu Boko. Pemilihan motif ini dengan pertimbangan bahwa SLB Bhakti Pertiwi berada di kawasan wisata candi. Hal ini sekaligus untuk mengangkat potensi daerah.

Pada cabang keterampilan kreasi barang bekas, Esko Purwanto mengubah limbah bekas wadah minum ayam menjadi jam dinding sederhana. Hal ini bermula dari adanya wadah minum bekas dari kandang ayam sekolah. Kegiatan peternakan ayam kampung senantiasa mengganti wadah pakan dan wadah minum ketika sudah tidak layak pakai. Wadah minum ayam yang digunakan adalah bagian tangki atas, yang dibelah menjadi dua, kemudian dihias dan dipasangi mesin jam. 

Alhamdulillah






Update:
- Pada LKSN 2019 ini SLB Bhakti Pertiwi mendapatkan juara 1 kreasi barang bekas, juara 1 kriya kayu, juara 2 membatik, dan juara 4 tata busana
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

1 coment�rios :

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.