Lomba Literasi SLB Kabupaten Sleman Tahun 2019


Bismillah, Alhamdulillah, Shollallohu 'alaa Muhammad.

Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Definisi lain menerangkan bahwa literasi adalah pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu: misalnya komputer. Kamus Besar Bahasa Indonesia daring Kemdikbud juga menjelaskan literasi merupakan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Oleh karena beraneka ragamnya aspek kehidupan masa kini, maka kemampuan literasi yang baik diperlukan oleh setiap orang. Hal ini ditanamkan dan ditumbuhkembangkan sejak usia anak-anak. 

Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memprogramkan kegiatan Festival/Lomba Literasi ABK. Persiapan dimulai dari tingkat sekolah. Oleh karena itulah pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Luar Biasa Kabupaten Sleman melalui undangan nomor 10/MKKS-SLB/Kab. Sleman/II/2019 menyelenggarakan lomba literasi tingkat kabupaten. 

Penyelenggaraan lomba tahun 2019 ini dilaksanakan di SLB N 1 Sleman pada Rabu, 27 Februari 2019. Sekretaris kegiatan, Ibu Yuliati, S.Pd. menyampaikan bahwa sekolah se-Kabupaten Sleman telah mengirimkan data siswa yang mewakili masing-masing sekolahnya. Ada yang mengirimkan satu, tetapi ada juga yang mengirimkan lebih dari satu pada masing-masing cabang lomba. Lomba yang diselenggarakan adalah mendongeng/bercerita, menyarikan buku cerita, penulisan kreatif, lomba cipta dan baca puisi, cipta komik strip, dan baca puisi.

Pukul 08.00 WIB kegiatan dibuka secara resmi oleh Pengawas PLB Dinas Dikpora DIY, Drs. Al Musthofa, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa literasi adalah kegiatan belajar seumur hidup. Kebutuhan belajar ini dimulai dari sejak masih dalam buaian ibu sampai meninggal kelak. Oleh karena itu, beliau mengajak kepada para peserta lomba untuk menggali kemampuannya masing-masing. Kemampuan tersebut perlu terus diasah, ditumbuhkembangkan, agar semakin kuat dan "migunani", sehingga dapat menjadi bekal untuk hidup. Oleh sebab itu, latihan tidak hanya ketika mau lomba saja, tetapi setiap saat.

Ketua MKKS SLB Kab. Sleman, Marjani, M.Pd, mengucapkan selamat datang kepada para peserta, diiringi harapan semoga tercetak juara-juara yang selanjutnya bersaing di tingkat propinsi. SLB Bhakti Pertiwi mengirimkan beberapa siswa diantaranya Aprilia pada cabang baca puisi, Esko dan Ucik pada cipta baca puisi, Bella pada menulis cerpen, Rian pada menyarikan isi buku (membuat sinopsis), Yoga dan Tiara pada cipta komik, dan Nadia pada bercerita.

Yang menarik dari kegiatan ini diantaranya adalah pada lomba bercerita. Nadia memyampaikan bahwa ingin ikut lomba karena ingin membanggakan ibuk. Selain itu, ia menyampaikan kalau menang minta hadiah es krim. Ucik pada lomba cipta baca puisi menulis puisi tentang aplikasi whatsapp. Puisi tersebut menceritakan bahwa meski sedang asik "wa-nan", tetapi ketika adzan tiba tetap mengutamakan shalat. Di sela-sela kegiatan, para siswa SLB N 1 Sleman membuka stand berjualan aneka minuman jus dan cilok. Para peserta dan pendamping usai kegiatan lomba berbondong-bondong membeli dagangan para siswa. Alhamdulillah, kegiatan lomba literasi tingkat Kabupaten Sleman terlaksana dengan lancar. 

Salam Literasi


Update: alhamdulillah Nadia jadi mendapatkan es krim dari bu guru (juara 2)
Bella juara 1

Drs. Al Musthofa membuka kegiatan
Membuat Komik
Baca Puisi

Sebelum Bertanding

Menyarikan Isi Buku

Bercerita

Menulis Puisi

Ketua MKKS menyampaikan sambutan

Fasilitator menyampaikan tartib


Monggo, jus dan ciloknya


Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

1 coment�rios :

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.