DIKLAT PENGEMBANGAN ADMINISTRASI GURU (HARI KEDUA)

Melanjutkan kegiatan diklat pengembangan administrasi guru pada hari pertama, hari ini panitia kegiatan dan peserta melaksanakan kegiatan di hari yang kedua. Pada hari ini panitia melanjutkan hasil asesmen yang telah disusun oleh peserta pada hari pertama. Untuk itulah narasumber, H. Sardiyana, S.Pd.,MA. mengisi sesi ini agar para peserta dapat menganalisis dan menetapkan materi pembelajaran sesuai hasil asesmen, menghitung minggu efektif, menyusun silabus, prota, dan promes, serta menyusun RPP pendekatan tematik dan mata pelajaran.

Memulai sesi ini, narasumber memberikan informasi pembinaan pendidikan keluarga menyiapkan hari pertama masuk sekolah. Hal ini merupakan kebijakan kepala Dinas Dikpora DIY, yaitu para guru bersiap didepan pintu gerbang menyambut orangtua yang mengantar anak sekolah. Pihak sekolah memutarkan lagu hari pertama masuk sekolah. Setelah sampai sekolah, orantua tidak langsung kembali, tetapi orangtua diajak ke lingkungan kelas anaknya. Selanjutnya wali kelas berinteraksi dengan orangtua dan anak pada hari pertama masuk sekolah. 

Guru kelas menyampaikan informasi terkait peraturan sekolah, tata tertib, pembelajaran, dan kegiatan-kegiatan sekolah. Hal ini bertujuan agar orangtua memiliki peran serta terhadap kegiatan belajar anak di sekolah. Untuk itulah, idealnya guru membuat dua buku rapor yaitu rapor hasil belajar siswa dan rapor untuk orangtua. Rapor orangtua disusun berdasarkan atas dasar peran serta orangtua. Melalui rapor ini, harus ada kemajuan peran serta orangtua. Akhirnya, sekolah membuat ranking tentang peran serta orangtua terhadap kegiatan pendidikan anaknya. Sebagai reward atas partisipasi orangtua, pihak sekolah menyampaikan pada wisuda anaknya. "inilah orangtua yang aktif berperan serta dalam memberikan perhatian kepada pendidikan anaknya di sekolah". Demikianlah pesan Kepala Dinas Dikpora DIY. 

Ketua panitia Diklat Pengembangan Administrasi Guru, MC. Rini Rewaniyati, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan praktik penyusunan program tahunan dan program semester pada sesi hari ini akan dilanjutkan besok. Adapun kegiatan hari selanjutnya adalah praktik penyusunan silabus dan RPP yang akan dipandu oleh Drs. Wahyana, M.A.

-bersambung-

H. Sardiyana, S.Pd.,M.A. menyampaikan ilmu

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

2 coment�rios :

PLB JAK said...

Selamat bertemunteman lama
Semua punya tugasbdan kewajibannya yang berbeda

Slb Bhaktipertiwi said...

Alhamdulillah. Terima kasih Pak Pariyo, semoga dalam menjalankan tugas dan kewajiban tersebut senantiasa diberikan kesabaran.