Header

Phising Mengintai Kita

Phising adalah upaya pengumpulan data pengguna internet yang dilakukan secara ilegal. Artinya, pengguna internet dengan tidak sadar mengisi sejumlah data, selanjutnya data tersebut berpotensi digunakan oleh si pelaku phising untuk kepentingan-kepentingan yang tidak baik. Phising dilakukan dengan media iklan palsu yang disebar melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, dan sebagainya.

Contohnya sebagaimana kami tampilkan pada gambar tersebut adalah penyebaran iklan mengatasnamakan perusahaan sepatu Adidas dan perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. Iklan tersebut menyebutkan bahwa kedua perusahaan teesebut membagi sepatu dan tiket pesawat secara gratis. Pengguna internet selanjutnya disuguhkan dengan beberapa survey dan pertanyaan yang harus diisi.

Namun sebenarnya setelah mengisi form dan survey tersebut, pengguna internet tidak akan mendapatkan apa-apa. Phising cenderung digunakan unsur-unsur kebohongan dan harapan palsu didalamnya. Apalagi mengingat pada masa kini tantangan dan dinamika kehidupan begitu hebatnya, maka orang yang tidak baik menggunakan berbagai cara untuk merealisasikan keinginannya. Data yang diperoleh melalui phising sangat mungkin digunakan untuk tindakan-tindakan yang negatif. Lalu, bagaimana solusinya?

Sampai saat ini, hal yang kami lakukan agar terhindar dari seputar phising adalah sebagai berikut:

1. Cermat

Tautan yang disampaikan dalam contoh ini adalah tautan perusahaan Adidas dan Garuda Indonesia. Sekilas jika kita perhatikan, tautan tersebut menunjukkan alamat website resmi Adidas dan Garuda Indonesia, tetapi jika diperhatikan lebih teliti, ada huruf yang disamarkan yaitu huruf "i". Disana tercantum satu huruf "i" yang tidak mempunyai titik diatasnya. 

Jika tautan tersebut diklik, maka akan menuju ke halaman website lain. Secara otomatis alamat tautannya pun berubah. Misalnya ketika kita mengklik www[dot]garuda-indonesia[dot]com maka beralih menjadi www[dot]xn--garuda-indonesia[dot]com. Hal tersebut dalam istilah teknis dinamakan url redirection atau pengalihan tautan. Jadi, pelaku phising membuat website tiruan, tetapi yang dijadikan topeng adalah website perusahaan resmi.

2. Jangan Mudah Tergiur

Setelah membaca iklan semisal "sepatu, tiket, dan laptop gratis buat anda, klik ini", maka jangan begitu saja percaya. Perhatikan dulu poin 1 diatas, kemudian pergunakan logika. Untuk mendapatkan uang seribu rupiah saja orang rela berpanas-panasan, maka bagaimana dengan yang lebih dari itu?

3. Menahan Diri dari Hal-Hal yang Tidak Jelas

Ketika kita menerima suatu informasi yang kita sendiri pun tidak mengetahui kebenarannya, maka tidak perlu diteruskan pada yang lain. Upaya phising ibarat virus yang mudah menular. Sekali saja klik and share, maka hal ini tidak dapat dibendung lagi. Apalagi budaya latah terkadang masih sulit dihindari oleh beberapa dari kita.

Berapa banyak informasi palsu (hoax) yang pernah masuk di hp kita. Mulai dari penyelewengan informasi pembagian sepatu, tiket pesawat, Al Quran braille, laptop, dan sebagainya. Maka perlu diingat baik-baik, bahwa sangat mungkin di kemudian hari nanti muncul hal-hal dalam bentuk lain semisal itu. Namun polanya tetap sama yaitu dengan: (1) mengakali tautan, (2) menggunakan kalimat dan bahasa yang menipu (bohong), dan (3) adanya perintah untuk menyebarkan ke kontak atau grup sosial media.

Maka upaya pemutusan rantai tersebut adalah tidak meneruskannya kepada orang lain, mengingatkan pada orang-orang terdekat kita, dan sampaikan pada penegak hukum sekiranya sudah sampai tahap yang tidak dapat ditoleransi lagi kerugiannya.

Tiga hal tersebut yang bisa kita lakukan. Akhirnya, kita mempunyai kewajiban yang sama untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga kita semua terhindar dari hal-hal yang berpotensi merugikan, terutama hal-hal yang tidak disadari oleh kebanyakan dari kita.

Salam,
Agus Tri Yuniawan, S.Pd.I.
Agen Perubahan Informatika
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

1 coment�rios :

Gary A mengatakan...

Hello nice post