"Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh". Semboyan tersebut telah melekat dalam ingatan kita dan lebih-lebih selalu diperdengarkan setiap peringatan kemerdekaan. Sebagaimana tulisan sebelumnya yang berjudul "mangan ra mangan sing penting kumpul", bahwa kebersamaan adalah hal yang prioritas dibandingkan dengan kepentingan individu.

Kebersamaan memang terbukti menguatkan setiap makhluk dimuka bumi ini. Dapat kita lihat kumpulan hewan yang bermigrasi jauh setiap tahunnya. Mereka dapat melaksanakan perjalanan jauh karena dilakukan secara bersama-sama. Menurut situs www.bbc.com, hewan-hewan yang melakukan perjalanan luar biasa jauh diantaranya adalah penyu belimbing yang berenang sejauh 20.500 kilometer, dari pantai Indonesia ke pantai barat Amerika. Selain itu, ada burung tern Belanda yang dapat terbang sejauh 96.000 kilometer dari timur laut Inggris ke Antartika. Mereka bisa melakukan itu karena bersama-sama. Begitu juga beberapa pesawat yang terbang dengan pemanfaatan sifat aerodinamika menggunakan formasi V. Dengan terbang bersama menggunakan formasi V, pesawat-pesawat tersebut dapat menghemat bahan bakar sehingga dapat terbang lebih jauh. Mau contoh lagi? peristiwa yang belum lama ini fenomenal dan berlangsung di Indonesia. Sekelompok santri dari Ciamis berjalan kaki ke Jakarta. Mereka kuat melakukan itu karena dilakukan dengan bersama-sama. 

Beberapa contoh tersebut menunjukkan bahwa kebersamaan itu menghasilkan kekuatan. Kebersamaan dalam lini terdekat adalah kebersamaan dalam keluarga, antara suami dan istri. Seorang ahli psikologi Jawa bernama Bendoro Raden Mas (BRM) Kudiarmadji, putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII, beliau mengatakan bahwa jika suami dan istri saling mengerti perasaan masing-masing, maka keluarga tersebut dapat merasakan kehidupan berkeluarga yang sesungguhnya. Jika dapat merasakan kehidupan berkeluarga, maka masing-masing bisa kuat dan bahagia dalam menjalani kehidupan dengan apapun situasi yang terjadi. So, yuk jaga persatuan dan kebersamaan demi kuatnya NKRI tercinta ini.

Ditulis Oleh:
Agus Tri Yuniawan, S.Pd.I

Sumber Gambar: techno.okezone.com
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :