Persiapan Kembali "Perkebunan Mini" SLB Bhakti Pertiwi

Persiapan Lahan Kebun Mini
Alhamdulillah, puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahaesa, Allah Subhanahu Wa ta'ala, yang meskipun kita sering berbuat kerusakan tetapi Dia selalu memberikan kita rejeki. Sholawat dan salam tercurah kepada Rasulullah SAW. 

Lahan pertanian dan perkebunan setelah masa panen, maka lahan tersebut perlu digemburkan tanahnya, dan selanjutnya dibebaskan dari tanaman-tanaman liar sehingga akan baik bagi tanaman yang akan ditanam berikutnya. Perkebunan mini di SLB Bhakti Pertiwi baru saja dipanen. Perkebunan ini disebut mini karena memang lahannya terbatas memanfaatkan area dekat kandang ayam. Tanaman yang dipanen antara lain okra, ketela, terong, cabe dan pepaya. Hasilnya untuk saat ini baru dimanfaatkan untuk internal sekolah. Ada yang dimasak untuk siswa, ada yang diolah untuk konsumsi rapat, dan ada yang sebagian dibawa pulang siswa dan guru untuk dimasak di rumah. Namun untuk pemanfaatan lebih lanjut dan lebih awet, maka hal tersebut sedang dipersiapkan. Tujuannya adalah agar hasil perkebunan dapat dimaksimalkan dan diperluas manfaatnya.

Yang menarik dari kegiatan persiapan kebun ini adalah anak-anak merasa seperti di kebun sungguhan. Mereka bekerjasama layaknya orang yang bekerja. Yang anak tunadaksa menyiapkan minuman bagi teman-temannya, yang tunarungu dan tunagrahita ada yang mencangkul, memotong rumput, membuang sampah dan menyiram. Setelah lahan perkebunan dibersihkan, maka siap ditanami kembali esok hari. Alhamdulillah.
(agz)

Panen Ketela beberapa hari kemarin

Guru memeriksa hasil kerja siswa

Tanaman Okra Hijau

Okra Hijau

Siap Ditanami

Angkut Tanahnya

Ketela Dapat Berapa Kilo?


Green Ocra

Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :