Nasi Goreng Magelangan Luar Biasa

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Sholawat dan salam kepada Rasulullah Sallallahu’alaihi Wa Sallam.

Pembelajaran kontekstual mengajak anak untuk dapat memahami hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Pembelajaran akhlak mengajak anak untuk dapat bersikap yang ma’ruf (baik) terhadap lingkungan sekitar. Berdasarkan landasan tersebut, pada kesempatan ini wali kelas VII SMPLB B, Bapak Heri Suyanto, mengajak para siswa untuk praktik memasak di sekolah.

Jenis masakan yang di masak pada kesempatan ini adalah “Nasi Goreng Magelangan Luar Biasa”. Hari sebelumnya, para siswa telah diberikan informasi untuk membawa bahan dan perlengkapan yang diperlukan. Setiap anak berbagi tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pada hari berikutnya, anak-anak melaksanakan kegiatan memasak di dapur sekolah dengan didampingi oleh guru. Masing-masing anak melaksanakan tugas masing-masing, ada yang menyiapkan kompor dan penggorengan, ada yang menyiapkan bumbu dan ada yang menyiapkan piring dan peralatan makan lainnya. Proses memasak dilaksanakan mandiri oleh siswa dengan bimbingan guru. Setelah masakan selesai dan tersaji, para siswa menyiapkannya beberapa untuk bapak dan ibu guru.

Wali kelas menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak dapat menyiapkan makanan sendiri di rumah. Selain itu, melatih anak agar dapat membantu tugas ibu di rumah. Dengan demikian, para siswa yang sudah jenjang SMP tersebut dapat tumbuh wawasan dan inisiatifnya ketika merasa lapar dan orangtua sedang tidak dirumah, sehingga anak dapat memasak sendiri dan tidak keluar rumah sendirian, terutama ketika malam hari. Alhamdulillah.
(hs)
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :