Pembentukan Koperasi Usaha Siswa "SELBEBI"

Alhamdulillahiraobbil’alamin,
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahaesa, Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Sholawat serta salam tetap tercurah kepada utusan-Nya, Rasulullah Muhammad SAW.
Setiap individu manusia perlu mencukupi kebutuhan dirinya agar dapat bertahan hidup, untuk itulah manusia perlu bekerja sehingga membuahkan hasil yang dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Agar dapat bekerja dengan baik, maka manusia memerlukan ilmu, dan ilmu diperoleh dari sekolah.

Berdasarkan hal tersebut, maka SLB Bhakti Pertiwi menjalankan program berkelanjutan yaitu dengan membentuk Koperasi Usaha Siswa “SELBEBI” dengan tujuan menyelenggarakan kegiatan ekonomi siswa dan alumni SLB Bhakti Pertiwi. Program yang diprakarsai oleh bapak kepala sekolah, Bapak Drs. Edy Dwiyanta, ini mengusung gagasan bahwa siswa dan alumni juga dapat hidup mandiri sehingga diterima masyarakat. Mengingat sebagian besar ABK setelah lulus dan kembali ke keluarga masih menjadi tanggungan keluarga untuk mengurus, dan jika orangtua sudah meninggal, maka ABK masih menjadi tanggungan keluarga yang lain. Oleh karena itu diharapkan melalui wadah koperasi ini, ABK dapat menanggung dirinya sendiri dan bertanggungjawab sepenuhnya atas keperluan hidup dirinya sendiri. Koperasi SELBEBI ini disusun berdasarkan prinsip koperasi, dan peraturan dasar lainnya yang dituangkan dalam dokumen yang ditandatangani segenap pengurus.
Pembentukan Koperasi SELBEBI ini mengambil momen Hari Ibu, 22 Desember, dengan harapan agar segenap anggota yang terdiri dari siswa ABK, alumni dan anggota umum sukarela, dapat berkarya melalui koperasi sehingga melalui inilah anggota dapat bermanfaat, berbakti bagi ibu Pertiwi.
Yang menarik dalam acara ini adalah adanya tukar pendapat dengan wali siswa. Beberapa wali siswa khususnya SMALB, menyampaikan kondisi anaknya dirumah yang sudah memiliki kemauan untuk berusaha yang bermanfaat seperti mencari pasir, menjaga toko dirumah, memelihara beberapa ayam, dll. Hal inilah yang menginspirasi bagi orangtua yang lain sehingga memberi gambaran akan manfaat penting yang dapat diperoleh melalui koperasi usaha siswa. Bapak Parwanto, anggota komite juga menyampaikan bahwa dengan koperasi ini, orangtua siswa dapat juga menjaga keselamatan anaknya melalui jajanan anak. Orangtua dapat membuat jajanan selanjutnya dititipkan di koperasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan jajan anak.
Orangtua menyambut dengan baik, dan saran serta masukan ditampung untuk selanjutnya di sempurnakan. Alhamdulillah. (agz)







Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :