Gelar Anak Indonesia 2015

Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME, Allah SWT, yang telah mengatur alam ini sebaik-baiknya dan menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Sholawat serta salam tercurah kepada Nabi dan sekaligus Rasul Muhammad SAW. Pada hari ini, Rabu 19 Agustus 2015 telah dilaksanakan event yang diberi nama "Gelar Anak Indonesia" oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. Acara yang dihadiri sekitar 1050 tamu undangan ini berlangsung di Gedung Wana Bhakti Yasa Yogyakarta. Adapun kegiatan yang include dalam event ini antara lain
pemberian penghargaan prestasi ujian nasional-ujian akhir sekolah/madrasah tahun 2014/2015, gelar karya penelitian SMP dan pelepasan kontingen FLS2N DIY tahun 2015 yang akan berangkat ke Palembang.

Setelah acara dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Dikpora DIY, Bapak Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, maka dipentaskan juga beberapa talenta siswa yang berasal dari SD, SMP, SMA/K, SMA dan SLB dari beberapa sekolah di DIY antara lain pertunjukan biola, pertunjukan pantomim, menyanyi solo, paduan suara, fashion show dan tarian. Pada pementasan paduan suara dinyanyikan beberapa lagu daerah diantaranya gundul pacul, cublak suweng dan padhang mbulan,  sedangkan pada pementasan tari dipentaskan tarian cakrawala nusantara khatulistiwa. Suara riuh applause dari para tamu menggema didalam gedung karena saking apiknya para siswa membawakan berbagai macam pementasan tersebut. Bapak kepala dinas menyampaikan dalam sambutannya bahwa acara ini sebagai 'warming up' atau pemanasan akan agenda-agenda pendidikan yang akan dilaksanakan berikutnya. Selain itu beliau juga mendoakan agar para juara DIY yang akan maju ke tingkat nasional dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
 
Yang menarik dalam kegiatan ini adalah terciptanya sebuah produk yaitu Album Kompilasi Aku Anak Indonesia oleh Pusat Keberbakatan DIY. Album ini berisi lagu hasil rekaman anak-anak istimewa DIY. Para tamu undangan dapat menikmati aransemen musik serta suara merdu anak-anak berbakat dari berbagai SLB maupun sekolah inklusi di DIY. Trenyuh rasanya saat pertama mendengar mereka begitu indahnya bernyanyi, dan barangkali inilah salah satu bukti sayangnya Tuhan kepada makhlukNya. Tuhan hadir dalam keterbatasan mereka dan hal tersebut menjadikan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) menjadi istimewa. Maka sudah seharusnya kita semua menyayangi mereka.

Acara diakhiri dengan berdoa bersama. Alhamdulillah.
(agz)
Share on Google Plus

About SLB Bhakti Pertiwi

SLB Bhakti Pertiwi adalah tempat belajar dan mengembangkan diri bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah ini berada dibawah naungan LP Ma'arif NU DIY dan Dinas Dikpora DIY. Sekolah terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY. Visi sekolah adalah terciptanya ABK yang taqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

0 coment�rios :